Menikmati Indahnya Golden Sunrise Bukit Sikunir, Dieng

Hai, Tani Fellas! Pernahkah kamu berpikir untuk menikmati sunrise tapi males banget  rasanya mendaki gunung yang tinggi, jauh dan lama? Pengen nggak sih, dapet sunrise bagus dari tempat yang deket-deket aja? Nah, untuk itu kami punya solusinya! Yuk, main ke Dieng dan berkunjung ke Bukit Sikunir!

Bukit Sikunir ini, primadona-nya Dieng sebagai tempat kumpulnya para sunrise chaser loh. Uniknya lagi, bukit ini terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa!

Apa sih yang bikin orang-orang berbondong-bondong ke sini? Kita describe nih ya, seperti apa sih indahnya Sikunir buat kamu! Pada bulan-bulan kemarau (Mei – September), kamu bisa dapat langit yang super cerah dan golden sunrise yang super indah. Pokoknya, kamu akan disuguhi pemandangan matahari berwarna kuning keemasan dengan lautan awan seperti selimut kapas yang jadi pemanisnya. That’s why, banyak orang yang menyebut Dieng dengan “Negeri di Atas Awan”.

Kamu Harus Tahu!

Untuk menuju ke Sikunir nggak susah kok Tani Fellas. Kamu cuma perlu menempuh waktu 15 – 20 menit dari Dieng ke Desa Sembungan, dan 25 – 30 menit saja untuk mendaki ke puncak bukitnya. Oh ya, jangan khawatir, Sikunir punya puncak yang luas jadi kalian bisa tinggal pilih tuh, mau menikmati sunrise dari spot yang mana. Oh iya, jangan khawatir, Sikunir ini kid-friendly. Jalur trekking-nya nggak begitu susah. Sudah dibuat undak-undakan (tangga) yang terbuat dari beton dan bebatuan untuk mempermudah pendakian. Cukup pakai sepatu yang nyaman dan tidak licin dan pakai jaket tebal saja untuk menghalau angin yang lumayan dingin di sini.

Another bonus for you all! There are many food stall here! Ingin isi perut dan energi sebelum naik? Atau merasa butuh suntikan tenaga setelah capek mendaki Sikunir? Tenang, banyak warga lokal yang jual jajanan dan makanan buat kalian. We recommend you: kentang Dieng yang dipotong kecil-kecil dan dimasak semur dan jajanan khas Wonosobo yang dikenal dengan nama Tempe Kemul! Yang cari makan berat, warung-warung di sini juga menjual indomie rebus dan nasi goreng. Pas banget kalau kamu cobain semuanya, didampingi secangkir kopi panas! Ah, enaaak! Fyi juga, warung-warung tersebut banyak yang udah difasilitasi Wi-Fi loh. Sungguh sangat bermanfaat buat Tani Fellas yang ingin langsung update keseruannya naik Sikunir ke Instagram.

Naik Apa ke Bukit Sikunir?

Oh iya, untuk jalur menuju Sikunir nggak susah kok. Kalian bisa pakai motor ataupun mobil. Cuma kami sarankan buat yang mau ke sini dengan mobil pribadi di weekend atau hari libur, maksimal jam 4 harus sudah siap bertolak dari desa Dieng ke Sikunirnya, ya. Agar nggak kehabisan tempat parkir dan harus jalan dari parkiran lain yang relatif lebih jauh. Tiket Sikunir sendiri cukup murah, cuma bayar 10.000 per orangnya. Kamu bisa rasakan serunya mendaki dan indahnya sunrise Sikunir, plus dapat pemandangan Telaga Cebong yang terletak di belakang area parkir Sikunir juga loh!

Menarik banget, ‘kan? Jadi kapan nih, kalian mau ke sini?

PS:

Hostel kami menyediakan jasa shuttle Sikunir setiap pagi dengan harga 35.000 saja (tiket + akomodasi). Kamu bisa rasakan sendiri pengalaman jalan-jalan ke Sikunir dengan traveler lain plus kami akan bawa kamu ke Batu Pandang Ratapan, recommended spot untuk melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas!

Booking on :